12
Feb
09

Veteran Kesulitan Mendapatkan Tunjangan

Meski pemerintah pusat telah menyediakan anggaran untuk tunjangan kepada anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), namun para veteran mengaku kesulitan untuk mendapatkan haknya tersebut. Salah satunya, selalu terbelit urusan birokrasi.

Sejatinya, setiap anggota LVRI mendapatkan tunjangan sebesar Rp 250 ribu setiap bulan yang diberikan melalui PT Taspen. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak yang belum mendapatkan tunjangan tersebut. Seperti dikatakan Suharno, veteran Dwikora, yang mengaku sudah lelah harus mondar-mandir mengurus persyaratan untuk memperoleh tunjangan itu.

“Untuk mendapatkan tunjangan yang memang menjadi hak kami saja susahnya setengah mati. Meski semua persyaratan sudah dilengkapi, tapi selalu masih saja ada yang dianggap kurang,” keluhnya, saat menghadiri acara HUT LVRI ke-52, di Gedung Wira Purusa di Durensawit, Jakarta Timur.

Hal senada juga dikatakan Ishak Ali, veteran Trikora. Ia mengungkapkan, sebaiknya pemerintah tidak hanya memberikan janji semua pejuang akan mendapatkan tunjangan. Tapi kenyataannya, masih banyak yang belum memperoleh tunjangan tersebut. Bahkan, yang sudah tercatat mendapat tunjangan sulit untuk mendapatkan haknya. “Saya harap pemerintah tidak hanya gembar-gembor. Karena kenyataannya, masih banyak sekali veteran yang tidak mendapatkan tunjangan,” tukasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Muhayat, mengatakan, selama ini Pemprov DKI Jakarta sangat memperhatikan para pejuang veteran khususnya yang tinggal di wilayah DKI Jakarta. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta juga memberikan tunjangan. Tunjungan tersebut selalu dianggarkan dalam APBD DKI. Sayangnya, mantan walikota Jakarta Pusat ini tidak menyebutkan berapa besar anggarannya. “Kita juga memberikan tunjangan bagi para veteran setiap tahunnya melalui APBD. Jumlahnya saya tidak hafal,” ujarnya.

Selain itu, kata Muhayat, salah satu wujud perhatian Pemprov DKI kepada para veteran di DKI Jakarta adalah tersediannya gedung pertemuan bagi para veteran yang bertempat di gedung wira pursa ini. “Salah satu wujud perhatian kita adalah gedung Wira Pursa ini. Bentuk keringanan lain juga kita berikan. Tentunya  sejauh kewenangan dan kemampuan Pemprov DKI Jakarta,” ungkapnya.


0 Responses to “Veteran Kesulitan Mendapatkan Tunjangan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: