31
Jan
09

Iran Kalahkan AS Soal Nuklir

Mantan duta besar Amerika Serikat di PBB John Bolton mengatakan, pemerintah AS kalah dengan Iran dalam isu pengembangan nuklir. Bolton juga menyarankan Barack Obama untuk menggunakan pendekatan militer terhadap Iran.

Dalam wawancaranya dengan BBC Persian dan dikutip Press TV, Sabtu (31/1/2009), Bolton mengatakan bahwa usaha Washington untuk menghentikan nuklir Iran menjadi sia-sia. Bahkan menurutnya, Teheran berhasil mempertahankan kepentingan nasionalnya.

“Dalam pandangan saya, kita kalah dalam pertempuran ini. Teheran memantapkan kemenangan dalam mempertahankan program nuklirnya,” tambah diplomat senior AS ini.

Bolton mengklaim, jika Washington sejak awal menggunakan pendekatan militer untuk memerangi nuklir Iran, mungkin saat ini tidak akan ada ancaman senjata nuklir itu.

Dia juga mengaku telah menyarankan Obama untuk menggunakan opsi militer, jika dalam negosiasi tiga bulan ke depan tidak membuahkan hasil. “Saya ragu pemerintahan baru akan menerima usul saya dengan menggunakan pendekatan militer. Prospek AS menyerang Iran sangat suram,” tambahnya.

Pada 15 September lalu, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) tidak menemukan “komponen senjata nulir” atau “penelitian terkait senjata nuklir”. Namun AS berkeras bahwa Iran mengembangkan senjata nuklir.

Bolton merupakan diplomat AS yang getol mengusulkan aksi militer terhdapa Iran. Di juga mengungkapkan bahwa perubahan rezim pemerintah juga salah satu cara untuk menghentikan pengembangan nuklir. Namun dia meyakini usaha itu sudah tidak praktis lagi.

Bolton berhenti menjadi dubes AS di PBB pada 2006 setelah Senat AS tak lagi merekomendasikannya. Setelah itu, Bolton menjadi penasehat luar negeri senior mantan presiden George W Bush.


0 Responses to “Iran Kalahkan AS Soal Nuklir”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: