31
Jan
09

FBI Putuskan Hubungan dengan Organisasi Islam AS

Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat (FBI) memutuskan hubungan dengan organisasi Islam terbesar di AS, Dewan Hubungan Islam-Amerika (CAIR). FBI menuding CAIR memberikan dukungan keuangan kepada Hamas.

Hamas merupakan organisasi perlawanan Palestina yang masuk dalam daftar teroris AS. Markas pusat FBI juga sudah memberitahukan unit-unitnya di daerah untuk menghentikan hubungan dengan CAIR.

Seperti dilaporkan FoxNews, Sabtu (31/1/2009), FBI menghentikan hubungan dengan CAIR beserta seluruh cabangnya di AS, sekaligus menandai berakhirnya kerja sama yang telah terjalin selama 15 tahun. Hasil penyelidikan FBI, CAIR mendukung pengumpulan dana untuk Hamas pada Desember lalu, sebelum perang Gaza meletus.

Kedekatan hubungan FBI dan CAIR sebelumnya bisa dilihat dengan program pencarian dana bersama untuk membangun cabang CAIR di Oklahoma pada Oktober 2008. Selain itu program kerja sama yang lain adalah pelatihan yang diberikan CAIR untuk para agen FBI.

Direktur Ekesekutif CAIR Nihad Awad, telah banyak berkeja sama dengan FBI pascatragedi 11 September. Namun FBI kemudian menuduh Awad memiliki hubungan dengan organisasi Holy Land yang pada Desember lalu memberikan dana sebesar USD12,4 juta untuk Hamas. Sebanyak lima pejabat Holy Land kini menjalani persidangan.

Jaksa Penuntut menuduh pemimpin CAIR Omar Ahmad berkonspirasi melakukan pengiriman dana itu. Namun Ahmad membantah semua tudingan itu dan meminta namanya dihapuskan dari daftar konspirator.

“Ini merupakan kebijakan yang salah dari pemerintah Geroge W Bush dan kontraproduktif unttk membina hubungan dengan komunitas organisasi Islam Amerika,” ungkap CAIR dalam pernyataan tertulisnya kepada FoxNews.

CAIR berpusat di Washington dan memiliki lebih dari 30 cabang di 19 negara bagian. Namun nampaknya, pemutusan hubungan ini hanya bersifat formal antarlembaga. Juru bicara FBI John Miller mengatakan FBI harus menghentikan kontak formal hingga kantor pusat CAIR memberikan respon terkait isu ini.

Sikap FBI ini juga bertolak belakang dengan rencana presiden Barack Obama untuk membina hubungan lebih dekat dengan komunitas muslim, baik di dalam maupun di luar negeri. Dalam keterangannya kepada FoxNews, CAIR berharap dapat meningkatkan kerja sama dengan pemerintahan Obama.


0 Responses to “FBI Putuskan Hubungan dengan Organisasi Islam AS”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: