20
Jan
09

Warga Eropa Tentang Permintaan Obama Kirim Tentara ke Afghanistan

Sebuah polling yang dilakukan harian Financial Times menyebutkan, sebagian besar warga di negara-negara besar Eropa tidak setuju jika pemerintah mereka mengikuti keinginan Barack Obama mengirim pasukan ke Afghanistan.

Diberitakan Reuters, Selasa (20/1/2009), Financial Times yang menggandeng lembaga The Harris mengungkapkan, katagori “mayoritas tidak setuju” terjadi di Inggris, Prancis, Italia, dan Jerman. Responden di negara-negara itu beranggapan, pemerintah mereka harus menolak jika Obama meminta pemerintah mereka mengirim pasukan ke Afghanistan.

Obama yang akan dilantik Selasa 20 Januri ini, sebelumnya sudah menegaskan bahwa Afghanistan merupakan perang utamanya dalam memerangi terorisme. Obama juga merencakanan tambahan pasukan.

Namun masyarakat di negara-negara Eropa, yang merupakan sekutu AS, menentang pengiriman pasukan ke negara yang sekira 70 persennya masih di kuasai kelompok Taliban itu.

Sebanyak 60 persen responden di Jerman menentang pengiriman pasukan ke Afghanistan. Sementara 57 persen responden Inggris menolak pengiriman pasukan. Inggris merupakan negara kontributor terbesar ke dua untuk misi Nato di Afghanistan dengan mengirimkan 8.000 pasukan.

Sementara di Prancis dan Italia, sebanyak 53 persen responden menolak pengiriman pasukan. Hanya sebagian besar responden di Spanyol yang menyatakan agar pemerintahnya “pertimbangkan” mengirim pasukan.

Pengambilan sample polling yang melibatkan 6.299 responden itu dilakukan pada 8 hingga 15 Januari lalu di Inggris, Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol.

Selain itu, responden meyakini, agenda penanganan krisis ekonomi akan menjadi perhatian pemerintahan Obama. Penanganan masalah Iran dengan jalur diplomasi juga populer di mata responden Eropa seperti juga di AS. Sebanyak dua per tiga responden menyatakan, Obama perlu melakukan pendekatan pribadi dengan presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad untuk membahas program nuklir negara itu.


0 Responses to “Warga Eropa Tentang Permintaan Obama Kirim Tentara ke Afghanistan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: