20
Jan
09

Inilah Daftar Janji Obama Saat Kampanye

Presiden Amerika Serikat terpilih, Barack Obama resmi akan diambil sumpahnya menjadi presiden Selasa (20/1/2009) pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 23.00 WIB.

Asa warga pendukung Obama begitu tinggi, antara lain membawa negara Adidaya itu keluar dari krisis perekonomian global. Tak heran, Obama pun memprioritaskan penanggulangan krisis ekonomi pada masa awal kepemimpinannya.

Belum resmi menjabat pun, Obama sudah terlibat dalam menggairahkan kembali perekonomian AS, terutama membangkitkan dunia industri automotif. Dana sebesar USD7 miliar digelontorkan untuk mengatrol industri automotif AS yang nyaris koleps.

Berikut ini coba dipaparkan beberapa janji-janji Obama yang sempat diucapkannya saat masa kampanye calon presiden.

1. Bidang politik:
Obama menjanjikan pada masa awal pemerintahannya untuk menyelesaikan konflik Timur Tengah. Fokus adalah menyelesaikan konflik Palestina-Israel.

Selain itu, Obama juga berjanji untuk menarik pasukan AS dari Irak hingga tenggat waktu 2011 mendatang. Kebijakan politik Obama juga dijanjikan akan lebih dekat dengan sejumlah negara-negara yang mayoritas beragama Islam. Dia juga berjani untuk berpidato di salah satu negara mayoritas Islam, meski tidak menyebut di mana negara tersebut.

Yang tak kalah menariknya adalah penutupan penjara Guantanamo di Kuba, Amerika Selatan (latin). Meskipun penutupan penjara ini masih dikhawatirkan akan kembali maraknya serangan teror kepada AS.

2. Luar Negeri:
Obama menempatkan mantan pesaingnya di pencalonan presiden dalam konvensi Partai Demokrat, Hillary Clinton sebagai menteri luar negeri. Posisi ini cukup penting memang jika dinilai dari kapasitas AS sebagai negara besar.

Begitu ditunjuk Obama sebagai menteri luar negeri AS, Hillary mengatakan, AS ke depan akan “berwajah” lebih ramah. “Kita akan mengedepankan diplomasi,” ujar Hillary yang disambut positif para pendukung Obama.

3. Energi
Obama dan pesaingnya, John McCain sama-sama memiliki agenda yang sama terkait bidang energi. Obama sepakat untuk dilakukan kebijakan penggunaan energi yang terbarukan. Bahkan, target Obama pada 2010 mendatang, semua masyarakat AS sudah menggunakan energi terbarukan tersebut untuk memenuhi kebutuhan energi dalam kehidupan sehari-hari.

4. Automotif:
Industri automotif AS boleh dibilang sebagai urat nadi perekonomian Amerika. Karena itu, ketika industri ini nyaris koleps, ramai-ramai dukungan dana digelontorkan kepada tiga perusahaan automotif terbesar di AS, General Motors, Ford, dan Chrysler.

5. Ekonomi:
Presiden Barack Obama hanya meneruskan kebijakan pemerintahan Bush, untuk memberikan bailout ke sejumlah sektor. Tapi, Obama hanya meminta kepada warga AS untuk bisa realistis dan berhemat, karena terpaan krisis global yang sangat dahsyat.

Akankah semua janji-janji Obama akan terpenuhi? Barometernya tentu ada pada penyelesaian konflik Timur Tengah antara Palestina dan Israel.


0 Responses to “Inilah Daftar Janji Obama Saat Kampanye”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: