17
Jan
09

AS-Uni Emirat Arab Tandatangani Kerja Sama Nuklir

Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab (UEA) menadatangani kerja sama nuklir sipil Kamis waktu setempat di Washington. UEA merupakan negara Arab pertama yang menandatangani kerja sama nuklir dengan AS.

Penandatangan dilakukan antara Menteri Luar Negeri UEA Abdullah bin Zayed dan Menlu AS Condoleezza Rice.

“Kami menyambut komisi UEA yang berkomitmen untuk meningkatkan standar keselamatan, keamanan, dan nonproliferasi dalam tenaga nuklirnya,” kata Rice seperti dikutip CNN, Jumat (16/1/2009).

Sementara Kongres AS mengkhawatirkan kesepakatan ini akan menimbulkan dampak negatif dalam perlombaan pengembangan nuklir di Timur Tengah. Kasus nuklir Iran menjadi contoh.

Sesuai dengan “kesepakatan 1-2-3”, seperti yang dilakukan AS dengan India tahun lalu, AS harus membagi teknologi nuklir, menyediakan para ahli, serta bahan bakar. Sebagai imbalannya, UEA harus berkomitmen dengan standar pakta nonproliferasi nuklir dan patuh dengan pengawasan International Atomic Energy Agency (IAEA).

Negara kaya minyak di kawasan teluk ini, juga berjanji untuk tidak melakukan pengayaan uranium atau memroses ulang bahan bakar untuk menghasilkan intisari plutonium yang dapat digunakan membuat bom nuklir.

Kesepakatan ini merupakan bagian dari rencana penambahan energi. UEA juga berencana membangun beberapa fasilitas nuklir. “Kami negara yang kaya dengan minyak dan gas, namun kami melihat ke depan bahwa nuklir sipil dapat menjaga masa depan kebutuhan energi kami,” kata Zayed.


0 Responses to “AS-Uni Emirat Arab Tandatangani Kerja Sama Nuklir”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: