07
Jan
09

Malaysia Siapkan Pengadilan Khusus Blogger

KUALA LUMPUR – Malaysia nampaknya semakin meningkatkan peredaran ‘lalu lintas’ berita di internet. Hal ini dilakukan setelah negara tersebut tengah mempertimbangkan untuk membuat peradilan cyber, yang khusus menindak kejahatan internet dan blogging.

Menurut Menteri Komunikasi Malaysia Shaziman Abu Mansor, keinginan Negara untuk mendirikan pengadilan ini, karena Malaysia telah menindak 30 internet ke wilayah hukum dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

“Jika kami tidak bisa menghentikan banyak kasus kejahatan internet, maka tidak salah kalau kami membuat pengadilan cyber ini,” jelas Mansor, seperti yang dikutip Bernama, Selasa (6/1/2009).

Saat ini, Pemerintah Malaysia bersama polisi sedang melakukan investigasi terhadap blog yang diduga telah menghina agama Islam dan Nabi Muhammad SAW.

Malaysia sendiri mempunyai kontrol kuat terhadap media. Oleh sebab itu, banyak dari warganya yang frutasi lalu mencari alternatif lain dalam mencari berita, termasuk melalui blog dan situs luar negeri.

Kasus penangkapan blogger yang terbaru, adalah saat Raja Putra Kamaludin dicokok polisi karena dianggap menghina negara melalui blognya. Maka tidak heran, Malaysia menempati posisi ke 129 dari 169 negara yang menjamin kebebasan persnya.


0 Responses to “Malaysia Siapkan Pengadilan Khusus Blogger”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: