07
Jan
09

Diawasi Ketat, Blogger China Malah Bertambah

BEIJING – Meski selama ini China terkenal sangat ketat dalam melakukan pengawasan yang berkaitan dengan informasi, namun pertumbuhan blogger di Negeri Tirai Bambu mencapai angka yang luar biasa, yaitu 50 juta orang.

Dalam beberapa tahun belakangan, pertumbuhan internet di China memang meningkat drastis, sebanyak 250 juta pengakses telah menjadi pengguna setia ranah maya. Sayang, ketatnya pengawasan membuat kebebasan dalam mengeluarkan pendapat sering menjadi kendala.

Tapi, itu tidak berlaku bagi dunia blogging. Hingga saat ini tercatat sudah terdapat 50 juta blogger aktif di China. Bahkan dalam rentan waktu 4 bulan, terdapat dua juta blogger baru. Ini tentu sangat mencengangkan, dalam ruang gerak yang terpasung, ternyata terdapat 100 juta blog atau jurnal pribadi online lainnya.

“Ini membuktikan kalau banyak dari warga China yang ingin menyampaikan pandangannya tentang peristiwa lokal maupun internasional melalui internet,” ujar salah satu ketua grup blogger, Gao Lin, kepada Xinhua, Rabu (7/1/2009).

Sayangnya, banyak dari blogger yang mengeluh tentang peraturan ketat yang dibuat oleh pemerintah. Karena blog yang berisi tentang kerusuhan sosial, melawan pemerintah, dan yang berbahaya lainnya dapat dengan mudah diblokir.

“Apalagi peraturan terbaru yang mewajibkan blogger menggunakan identitas asli, membuat para blogger tersebut semakin bungkam,” tandas Lin


0 Responses to “Diawasi Ketat, Blogger China Malah Bertambah”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: