05
Jan
09

PMI Galang Dana untuk Palestina

Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat melakukan penggalangan dana untuk korban perang di Palestina. Masyarakat dapat membantu penduduk Palestina melalui Bank BRI Cabang Pancoran dengan nomor rekening 0390-01-000030-30-3 atas nama Palang Merah Indonesia. “Bantuan diharapkan dalam bentuk uang, karena pengirimannya lebih mudah hanya dengan melalui transfer antar rekening bank,” kata Soewardi Sulaeman, Ketua PMI Jakpus, Minggu (4/1).

PMI sebagai anggota Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, kata Soewandi, senantiasa menjunjung tinggi tujuh prinsip gerakan. Salah satunya adalah `kemanusiaan` yang berarti memberikan pertolongan tanpa membedakan korban yang terluka dalam pertempuran, mencegah, dan mengatasi penderitaan sesama.

Penyerangan yang dilakukan zionis Israel terhadap warga Palestina, lanjut Soewardi, telah merenggut sekitar 400 korban jiwa, dan ribuan penduduk mengalami luka-luka. Tidak sedikit diantara mereka adalah warga sipil, anak-anak, perempuan, dan orangtua. Karenanya, sebagai organisasi kemanusiaan terikat dengan konvensi Jenewa 1949 yang mengatur ketentuan hukum atas hak dan kewajiban dalam pertikaian sudah sepatutnya PMI berpartisipasi membantu para korban.

Dalam pemberian bantuan ini, lanjut Soewardi, PMI lebih bersifat orang perorangan, tidak ada unsur politis. Karena sifat bantuan adalah untuk kemanusiaan. “Bantuan yang akan diberikan kepada penduduk Palestina bukan karena mereka adalah umat Islam, tapi bantuan murni diberikan untuk membantu korban. Kalau Israel yang diserang dan banyak warganya yang menjadi korban, kita juga akan membantu mereka,” jelasnya.

Sekretaris PMI Jakpus, Asep Djuanda Sunarya, menambahkan, dalam penggalangan bantuan ini, PMI tidak akan berpihak kepada siapa pun, tidak memandang suku, agama, maupun golongan. Jadi, siapa pun yang menjadi korban, merekalah yang akan mendapat bantuan dari organisasi kemanusiaan berlambang palang merah, bulan sabit merah, dan kristal merah yang tersebar di seluruh dunia.

“Siapa pun yang menjadi korban, baik itu korban bencana maupun konflik, merekalah yang mendapat bantuan. Kalau Israel yang diserang dan banyak penduduknya yang menjadi korban, kita juga akan bantu mereka,” jelas Asep.

Sebagai bentuk transparansi, kata Asep, PMI hanya membuka rekening satu pintu secara terpusat di seluruh Indonesia. “Semua bantuan yang akan diberikan masyarakat dilakukan hanya satu pintu rekening. Tidak ada yang lain,” tandasnya.


0 Responses to “PMI Galang Dana untuk Palestina”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: