05
Jan
09

Awal Tahun, Aksi Demo Kembali Marak

Saat cuti bersama tahun 2009, aksi demontrasi kembali menjadi pemandangan umum yang biasa dijumpai masyarakat Jakarta. Di Jakarta Pusat terdapat tiga titik yang menjadi konsentrasi massa. Ketiga titik tersebut yaitu Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kedubes AS di Jalan Merdeka Barat, dan Bunderan Indonesia (HI). Tak pelak aksi massa yang dilakukan oleh beberapa ormas tersebut menimbulkan kemacetan di beberapa titik jalan yang berhubungan langsung dengan digelarnya aksi demo tersebut.

Seperti yang terlihat di Kantor KPU di Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, Jumat (2/1). Aksi massa Partai Republiku yang berlangsung sejak pagi hari itu nyaris berakhir ricuh. Sempat terjadi aksi saling dorong antara peserta demo dengan petugas keamanan. Situasi menjadi tegang karena demonstran memaksa masuk ke halaman kantor KPU. Para demonstran meminta partai mereka diikutsertakan pada pemilu 2009. Aksi yang dilakukan massa Partai Republiku ini sempat memacetkan arus lalu lintas. Beruntung Jl Budi Kemuliaan yang saat itu masih lengang, tak membuat kemacetan semakin parah.

Selanjutnya unjuk rasa dilakukan simpatisan Partai Keadilan Sosial (PKS) yang dibagi menjadi dua aksi. Aksi yang mengecam serangan Israel ke Palestina difokuskan di Kedubes AS dan Bundaran (HI). Kedatangan massa PKS itu didahului oleh tiga mobil ambulans bertuliskan sukarelawan Palestina. Puluhan orang kemudian berkumpul di beberapa titik sebelum memulai aksi demontrasi. Para peserta aksi mulai memadati Jalan Medan Merdeka Barat sekitar pukul 13.30 WIB. Para personel keamanan langsung mengambil posisi di titik-titik strategis. Sebagian petugas mengatur arus lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan. “Beruntung hari ini masuk dalam cuti bersama, jadi kendaraan yang melintas juga nggak banyak,” ucap salah satu petugas lalu lintas di depan Kedubes AS.


0 Responses to “Awal Tahun, Aksi Demo Kembali Marak”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: