30
Des
08

MUI Bahas Fatwa tentang Rokok dan Yoga

Peringatan buat para perokok. Forum Iqitimah Ulama Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) se-Nusantara pada tanggal 24-26 Januari mendatang di antaranya akan membahas wacana tentang pengharaman rokok.

Namun, salah satu Ketua MUI Pusat Cholil Ridwan mengatakan hal ini masih berupa rencana karena dampak fatwanya mungkin saja akan menimbulkan gejolak sosial di antara masyarakat Indonesia. Tidak seperti dengan mudahnya Arab Saudi memfatwakan haram untuk rokok sejak tahun 1960-an.

“Di Saudi kan tidak ada pabrik rokok dan pertanian tembakau. Di Indonesia petani tembakau justru banyak sekali,” ujar Cholil seusai pernyataan sikap MUI di akhir tahun di Kantor MUI di Jakarta Pusat, Selasa (30/12).

Namun, Cholil mengatakan banyak alternatif putusan yang bisa dipertimbangkan. Salah satunya fatwa haram sebagian, yaitu fatwa haram untuk rokok hanya diberlakukan untuk rentang usia tertentu.

Cholil mengaku fatwa haram untuk rokok ini muncul karena desakan sejumlah pihak seperti Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Forum DPR, dan Perempuan Tanpa Tembakau. Mereka semua mengeluhkan dampak negatif rokok bagi si perokok dan orang-orang di sekitar perokok, yang ditimbulkan oleh asap rokok maupun kerugian materi akibat kecanduan.

“Misalnya berdampak sangat buruk terhadap keluarga ekonomi lemah. Ada yang sampai enggak mampu menyekolahkan anaknya, tapi tetap merokok,” tandas Cholil. Selain rokok, forum ini juga akan mempertimbangkan fatwa haram bagi olahraga yoga.


0 Responses to “MUI Bahas Fatwa tentang Rokok dan Yoga”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: