04
Des
08

Ribuan Korban Lapindo Blokir Jalan

lapindo

Ribuan warga dari tujuh desa yang menjadi korban lumpur Lapindo yang tergabung dalam Gerakan Pendukung Perpres No 14 Tahun 2007 (Geppres) berunjuk rasa dengan cara menutup jalan dan jembatan Porong, Sidoarjo, Jatim, Kamis (4/12).

Warga korban lumpur itu masing-masing dari Desa Siring, Jatirejo, Renokenongo (Kecamatan Porong), Kedung Bendo, Ketapang, Kali Tengah (Kecamatan Tanggulangin), dan Kedung Cangkring (Kecamatan Jabon).

“Aksi unjuk rasa kali ini menuntut sisa pembayaran 80 persen yang harus dibayar Minarak Lapindo Jaya (MLJ) secara tunai, bukan dengan cara dicicil,” kata koordinator aksi, Hari Suwandi.

Sesuai dengan Perpres No 14 Tahun 2007, disebutkan bahwa sisa pembayaran ganti rugi sebesar 80 persen harus dibayar tunai. “Namun, pada kenyataan di lapangan, MLJ tidak mampu merealisasikannya dan hanya mampu membayar dengan cara dicicil,” kata Hari.

Parahnya lagi, lanjut Hari, proses pencicilan itu sendiri tidak jelas. Artinya, setiap berkas akan dicicil sebesar Rp 30 juta per bulan sesuai jatuh tempo. “Inilah yang akan kami tuntut kepada presiden melalui perwakilan kami di Jakarta,” katanya.

Pihaknya juga bereaksi keras ketika ada pernyataan jika perwakilan mereka di Jakarta menyetujui permintan MLJ jika pelunasan bisa dilakukan dengan cara dicicil. “Mereka yang menyetujui sisa pembayaran dengan cara dicicil kami anggap sebagai penghianat. Pasalnya, kami yang ada di sini (Sidoarjo) tidak setuju jika pembayaran itu dilakukan dengan dicicil. Kami ingin sisa pembayaran dilakukan secara tunai,” katanya menegaskan.

Ia mengakui, sekarang ini telah terjadi diskriminasi kepada warga korban lumpur. Mereka yang menyetujui relokasi sudah dibayar lunas, sementara bagi warga yang meminta “cash and carry” hingga kini sisa 80 persennya belum dibayar.

Sementara itu, Sudarmono, salah seorang warga yang turun ke jalan, mengatakan, kalau memang pemerintah memahami posisi keuangan Grup Bakrie yang tengah sulit, pemerintah harus ambil sikap. “Entah itu menalangi dulu atau bagaimana, yang jelas jangan sampai kami dirugikan,” katanya menegaskan.

Akibat aksi turun ke jalan itu, sejumlah kendaraan dari arah Sidoarjo terpaksa harus berbelok melalui jalur Krian terus ke Mojosari, sedangkan yang dari arah Malang dan Pasuruan di belokan ke arah Japanan terus ke Mojosari dan Krian.


0 Responses to “Ribuan Korban Lapindo Blokir Jalan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: