04
Des
08

Puskesmas Terapung Demi Peningkatan Layanan Kesehatan

Pemerintah kabupaten/kota di Maluku Utara (Malut) terus melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil yang belum memiliki sarana kesehatan, di antaranya dengan mengoperasikan puskesmas terapung.

Pemkab Halmahera Selatan (Halsel) misalnya, menurut Kabag Infokom Pemkab Halsel Zulfikar Duwila di Ternate, Kamis, pemkab telah mengoperasikan satu unit puskesmas terapung senilai Rp1,3 miliar.

Puskesmas terapung berupa speed boat tersebut dilengkapi dengan peralatan medis yang cukup memadai, termasuk bisa melakukan tindakan operasi. Puskesmas terapung itu akan melayani daerah pesisir dan pulau-pulau terpencil.

“Pemkab Halsel akan berupaya menambah jumlah puskesmas terapung tersebut sehingga bisa melayani semua daerah pesisir dan pulau-pulau terpencil di Halsel secara maksimal. Pemkab berharap pemerintah pusat ikut membantu penambahan puskesmas terapung itu,” katanya.

Berbagai pihak di Halsel termasuk para anggota DPRD setempat menyambut baik pengoperasian puskesmas terapung tersebut. Mereka mengharapkan agar puskesmas terapung itu dimanfaatkan secara maksimal.

Zulfikar mengatakan Pemkab Halsel selama ini memberi perhatian serius pada masalah kesehatan yang ditandai dengan pelaksanaan program kesehatan, terutama yang terkait dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Perhatian tersebut di antaranya di implementasi kan dengan pengalokasian dana APBD untuk membiayai berbagai program di bidang kesehatan, seperti program jaminan kesehatan masyarakat,  dan pelayanan pengobatan gratis bagi masyarakat miskin.

Selain itu, pemkab halsel terus meningkatkan pembangunan sarana kesehatan serta penempatan dokter dan tenaga medis di seluruh kecamatan. Pemkab Halsel juga secara periodik melaksanakan operasi katarak secara gratis pada masyarakat yang tidak mampu di Halsel.

Kabupaten lainnya di Malut yang juga telah mengoperasikan puskesmas terapung adalah Kabupaten Halmahera Utara. Puskesmas terapung di Halut juga memiliki sarana medis yang memadai serta dilengkapi dengan dokter dan sejumlah paramedis.


0 Responses to “Puskesmas Terapung Demi Peningkatan Layanan Kesehatan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: