02
Des
08

71.000 Butir Obat Ilegal Diamankan

SIDOARJO – Satuan Narkoba Kepolisian Resor Sidoarjo berhasil menangkap dua pengedar obat dan satu peracik obat tak berizin. Dari total 71.000 butir obat yang ditemukan, 62.000 butir di antaranya adalah obat racikan ilegal.

Pengungkapan kasus penjualan obat ilegal berawal dari penangkapan salah seorang pelaku Zainal (40) di perempatan Pasar larangan, Sidoarjo, Kamis (27/11) lalu. Selanjutnya, pihak Satuan Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Sidoarjo mengembangkan inf ormasi dan berhasil menangkap Hadi (50) di Perumahan Sidokare, Sidoarjo, serta Hasan (50) di Candi, Sidoarjo.

“Kami mengamati mereka selama dua minggu. Dengan terang-terangan mereka mengedarkan dan menyediakan obat-obatan tanpa memiliki izin edar. Bahkan seorang pelaku mengaku meracik sendiri obat-obatan tersebut, memberi label dan kemudian menjualnya,” ujar Kepala Satuan Narkoba Polres Sidoarjo Ajun Komisaris Polisi Samsul Makali, Selasa (2/12) di Sidoarjo.

Dari salah seorang tersangka Hadi (50), Polisi menemukan 62.000 butir obat racikan. Tersangka meramu obat tersebut berdasarkan pengalamannya saat bekerja di salah satu perusahaan obat.

Hadi mengungkapkan, ia telah meramu obat racikan yang tak berizin tersebut sejak 10 tahun lalu. Sedangkan Zainal dan Hasan menjual obat-obatan tanpa izin sejak lima tahun lalu.

Obat-obatan harus memiliki kejelasan dosis dan takaran saat dikonsumsi masyarakat. Jika obat dijual bebas dan diramu secara liar, maka dapat membahayakan kesehatan konsumen, tambah Samsul.

Para pelaku mengaku, obat-obatan tak berizin tersebut dipasok dari Surabaya serta Malang. Pemasoknya adalah sales-sales perusahaan obat berskala besar.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor 1331/Men kes/SK/X/2002 tentang kesehatan, pengecer obat harus memiliki izin dari Dinas Kesehatan, baik untuk kategori obat-obatan bebas maupun bebas terbatas. Selain itu, kios atau toko obat juga harus memiliki apoteker khusus yang memahami obat-obatan.


0 Responses to “71.000 Butir Obat Ilegal Diamankan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: