25
Nov
08

Memajukan Jam Sekolah Bukan Solusi Atasi Macet

Kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memajukan jam pelajaran sekolah menjadi 06.30 WIB bukan keputusan bijaksana karena akan mengorbankan anak sekolah itu sendiri. Selain akan terjadi perubahan dalam pola hidup dan mental, keselamatan jiwa anak juga akan terancam.

“Ya jelas yang pasti setiap hari akan terjadi kerepotan. Anak harus belajar, tidur, dan bangun tidur lebih awal,” ujar Johanes (46), warga Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Setiap hari, sebelum ke kantor Johanes harus mengantarkan anaknya ke SMA Negeri 46 di Blok A, Jakarta Selatan. Menurut Johanes, perubahan pola hidup yang sudah menjadi kebiasaan setiap hari ini dapat mempengaruhi mental anaknya.

Jika jam sekolah dimajukan berarti dia juga harus berangkat dan tiba di kantor lebih awal. Waktu saya menjadi tidak efektif dan ini juga dapat berdampak bagi pemborosan listrik di kantor.

“Jika saya datang lebih cepat dan menggunakan komputer berarti penggunaan listrik menjadi bertambah,” ujar Johanes.

Lain lagi yang dikatakan Yanti (35), warga Pondok Lestari, Kota Tangerang. Perubahan jam sekolah membuat ibu rumah tangga ini khawatir terhadap keamanan anaknya Clara (13) yang bersekolah di SMP Tarakanita, Jakarta. Sekarang saja, anak saya berangkat dari rumah pukul 05:30.

“Jika jam pelajaran dimajukan berarti anak saya harus berangkat 30 menit lebih awal lagi. Masak dia harus berangkat pukul 05.00 pagi ?” ujar Yanti yang tidak rela anak perempuannya harus berangkat pada dini hari.

Akhir pekan lalu, Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan memberlakukan pengaturan jam masuk sekolah menjadi pukul 06.30 WIB atau maju 30 menit dari jam masuk sekolah yang berlaku saat ini, pukul 07.00 WIB. Langkah ini untuk mengurangi kemacetan ibukota yang semakin tidak terkendali.

Johanes dan Yanti mengatakan, kebijakan mengurangi kemacetan akibat Pemprov DKI tidak mampu mengurus kotanya jangan dibebankan kepada anak sekolah. Mereka mengatakan, solusi dengan menempatkan petugas polisi mengatur lalu lintas yang sepekan terakhir berlangsung bisa mengatasi kemacetan pada pagi hari.


0 Responses to “Memajukan Jam Sekolah Bukan Solusi Atasi Macet”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: