25
Nov
08

Atasi Macet, Sinkronkan Kebijakan

Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengubah jam masuk sekolah menjadi lebih pagi diminta agar disinkronkan dengan kebijakan lain untuk mereduksi kemacetan.

“Kebijakan memang harus sinkron satu sama lain agar efektif penerapannya. Memajukan jam sekolah akan mengurangi kemacetan jika penertiban parkir liar di jalan. Selain itu, bus jalur khusus hingga koridor VIII-X segera dioperasikan. Juga harus ada pembatasan kendaraan pribadi dengan mengefektifkan 3 in 1 dan menaikkan tarif parkir,” kata pemerhati permasalahan transportasi, Darmaningtyas, Senin (24/11).

Menurut Darmaningtyas, kebijakan pengubahan jam masuk sekolah sudah diterapkan di Kota Surabaya, Jawa Timur sejak sekitar dua tahun terakhir. Di Surabaya, kemacetan di pagi dan sore hari efektif terkurangi akibat penerapan kebijakan ini. Namun, yang harus diperhatikan adalah dilakukannya evaluasi rutin tiap enam bulan.

Tahapan evaluasi ini, kata Darmaningtyas, yang tidak dilakukan terhadap penerapan kebijakan 3 in 1. Akibatnya, d mpak diberlakukannya 3 in 1 jauh dari maksimal. Apalagi, pengawasan dan penindakan terhadap praktik penggunaan joki 3 in 1 tidak tegas. Ketidaktegasan dan ketidakkonsistenan pemerintah juga terlihat dalam penanganan parkir liar di jalanan serta penertiban angkutan umum yang suka ngetem sembarangan.

Pengamatan Kompas, Senin kemarin, praktik penggunaan joki 3 in 1 marak terlihat di Jalan Hasyim Asyari, Jalan Veteran, Jalan Diponegoro, Jalan Asia Afrika, dan Jembatan Layang Slipi. Puluhan joki tampak berbaris menunggu tawaran masuk ke dalam mobil-mobil yang akan memasuki Jalan Sudirman dan Jl MH Thamrin. Padahal, polisi lalu lintas dan satuan polisi pamong praja terlihat berjaga-jaga tidak jauh dari mereka.

Sementara itu, angkutan umum (angkot) ngetem masih banyak ditemukan, antara lain di kawasan Taman Anggrek, perempatan Slipi, Jalan KH Samanhudi – Pasar Baru, kawasan Tanah Abang, di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) Senen, dan di bawah jembatan layang Kebayoran Lama.


0 Responses to “Atasi Macet, Sinkronkan Kebijakan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: