16
Nov
08

Wuuiiih, Penderita HIV/AIDS di Bogor Capai 830

Jumlah penderita HIV/AIDS di Kota Bogor selama enam tahun terakhir tercatat sebanyak 830 orang, 45 orang diantaranya telah meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Bogor, dr Triwanda Elan MKes mengatakan, dari jumlah tersebut, sekitar 100 kasus terjadi pada 2008.

“HIV/AIDS seperti fenomena gunung es. Jumlah penderita tersebut adalah yang terdata. Kemungkinan masih banyak lagi yang belum terdata, karena penderitanya tidak membuka diri,” kata Triwanda Elan, di Bogor, Rabu.

Dari 830 orang penderita HIV/AIDS itu, sekitar 450 orang positif HIV serta 280 orang positif AIDS, 45 orang diantaranya telah meninggal dunia.

Sebagian besar penderita HIV/AIDS adalah usia produktif yakni 17 tahun hingga 35 tahun. Sedangkan penyebabnya, sekitar 70 persen disebabkan jarum suntik oleh pengguna narkoba serta 30 persen disebabkan oleh hubungan seks bebas.

“Sedangkan penyebab lainnya, seperti tranfusi darah dan bayi yang dilahirkan oleh penderita HIV/AIDS prosentasenya sangat kecil,” katanya.

Penanggulangan HIV/AIDS di Kota Bogor, menurut dia, ditangani secara terpadu oleh Komite Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD), yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Bogor.

“KPAD beranggotakan para pejabat Dinas Kesehatan, dokter dan paramedis rumah sakit, maupun aktivis penanggulangan HIV/AIDS,” katanya.

Dikatakannya, ada beragam bentuk penanggulangan HIV/AIDS, baik preventif maupun kuratif, mulai dari penyuluhan HIV/AIDS pada masyarakat umum dan kelompok masyarakat berisiko tinggi terkena HIV/AIDS, pengobatan bagi penderita HIV/AIDS, sampai rehabilitasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Perawatan Rumah Sakit Marzuki Mahdi (RSMM) Bogor, Drs Supriyanto MKes secara terpisah mengatakan, penyakit HIV/AIDS terkait dengan penyalahgunaan narkoba karena, sekitar 70 persen penderita HIV/AIDS tertular melalui jarum suntik pengguna narkoba.

“RSMM merupakan salah satu rumah sakit rujukan bagi penderita HIV/AIDS di Bogor,” katanya.


0 Responses to “Wuuiiih, Penderita HIV/AIDS di Bogor Capai 830”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: