16
Nov
08

Obat Kejantanan Malah Bikin Loyo

Obat penambah kejantanan merek Blue Moon dan 21 merek lainnya ditarik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena mengandung bahan kimia berbahaya bagi manusia. Salah satu efek samping bahan kimia tersebut justru melemahkan kejantanan.

Pengumuman penarikan 22 merek obat kuat pria tersebut disampaikan Kepala BPOM, Husniah Rubiana Thamrin Akib, Jumat (14/11) siang. Ke-22 merek tersebut terdiri atas obat impor maupun lokal, jamu, dan suplemen.

Penarikan 22 merek obat kuat tersebut dilakukan setelah BPOM menerima hasil pengujian laboratorium dan laporan masyarakat. “Uji laboratorium dilakukan sejak Januari 2008 hingga hari ini,” kata Husniah di kantor BPOM di Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat.

Hasil uji laboratorium tersebut menunjukkan, ke-22 obat kuat tersebut mengandung bahan kimia berbahaya bagi manusia. Sebagian merek mengandung Slidenafil sitrat sedangkan sisanya mengandung Tadalafil bahkan mengandung kedua bahan kimia itu sekaligus.

Menurut Husniah, bahaya Sildenafil sitrat bagi manusia adalah dapat menyebabkan sakit kepala, mual, gangguan penglihatan, radang hidung, nyeri dada, palpitasi (denyut jantung menjadi lebih cepat), maupun kematian.

Sedangkan Tadalafil dapat menyebabkan nyeri otot, pusing, mual, diare, muka memerah, hidung tersumbat, dan potensi seks hilang secara permanen. Tadalafil bersifat melebarkan pembuluh darah yang menyebabkan penurunan tekanan darah maupun pasokan ke darah.

“Dua zat kimia ini seharusnya dikonsumsi atas petunjuk atau resep dokter,” kata Husniah. Dia menambahkan, “Kandungan kimia itu bisa menyebabkan kematian jika dikonsumsi dalam porsi yang banyak.” Oleh karena itu, warga masyarakat harus berhati-hati ketika mengonsumi obat kuat tradisional maupun suplemen.

Husniah juga mengatakan, kasus kematian akibat mengonsumsi obat penambah stamina pria jarang terungkap karena kasus-kasus tersebut biasanya tidak dilaporkan dan pihak keluarga keberatan bila korban diotopsi.

“Kadang kita heran, ada pria usia 30-an meninggal mendadak. Orang mengira kematian itu karena serangan jantung. Padahal, pasti ada pemicunya. Lalu, pemicunya itu apa? Ini yang jarang diungkap,” katanya. Dalam beberapa kasus, pemicu serangan jantung tersebut adalah pemakaian obat penambah stamina.

Merek-merek obat kuat yang ditarik BPOM di antaranya adalah Blue Moon (produksi PT Pasific Healthcare Indonesia), Caligula Kapsul (produksi Pabrik Jamu Air Madu), dan Sunny Zang Wang Xiong Ying Dan Pil (produksi Tibet Yuthog Healthy Product Co Ltd). “Merek-merek tersebut terdiri atas obat impor, obat kuat lokal, suplemen impor, dan suplemen lokal,” kata Husniah.

Husniah menambahkan, para produsen maupun importir obat dan suplemen tersebut akan dipanggil dan BPOM akan melaporkan kasus ini ke polisi. Para produsen maupun importir tersebut dapat dijerat dengan UU No 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan maupun UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. (GET)

Daftar Obat Kuat Pria yang Ditarik

1. Blue Moon – PT Pasific Helathcare Indonesia, Jakarta
2. Tripoten – PT Dexa Medica, Palembang
3. Caligula – Pabrik Jamu Air Madu, Magelang
4. Cobra X – Pabrik Jamu PI Ragil Sentosa, Cilacap
5. Kuat Tahan Lama – PD Jamu Moro Sehat, Banjarnegara
6. Lak Gao 69 – Pabrik Jamu Jaya Sakti Mandiri, Semarang
7. Lavaria – PT Rama Farma, Jakarta
8. Maca Gold – PT Paramitra Media Perkasa, Jakarta
9. Okura – PT Herbalindo Sukses Makmur, Tangerang
10. Otot Madu, PT Rama Farma, Jakarta

11. Rama Stamina – PT Rama Farma, Jakarta
12. Sanomale – PT Pyridam Farma, Cianjur
13. Sari Madu – Pabrik Jamu Sari Madu Murni
14. Sunni Jang Wang Xeong Ying (kapsul) – PT Cahaya Pil Teknologi Farmasi, Jakarta
15. Teraza – Produksi PT Rama Farma, Jakarta
16. Top One – Pabrik Jamu Paladiva, Solo
17. Urat Perkasa – Pabrik Jamu SM Jaya, Cilacap
18. Ju-mex – CV Mega Maju Mekar, Jakarta

Obat/jamu Impor
19. Hwang Di Shen Dan – PT Multi Usaha Sentosa
20. Manovel – PT Sari Sehat Q Capung Indah Abadi, Magelan.
21. Stanson – PT Rajawali Sukses, Jakarta.
22. Sunni Jang Wang Xeong Ying Dan (pil) – PT Cahaya Pil Teknologi Farmasi, Jakarta

Sumber: BPOM


1 Response to “Obat Kejantanan Malah Bikin Loyo”


  1. 16/11/2008 pukul 18:24

    niatnya biar macho ….,

    malah jadi loyo …..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: