13
Nov
08

Anak 5 Tahun Temukan Bangkai Badak Purba

badax

LONDON – Siapa menyangka seorang anak kecil menjadi orang yang paling beruntung dalam perburuan fosil di Gloucestershire, Inggris. Emilia Fawbert yang masih berumur 5 tahun menemukan fosil seekor badak purba (Diprotodon optatum) bersama ayahnya James (33).

Fosil yang ditemukan Emilia dan ayahnya adalah bagian tulang belakang atlas, yang merupakan tulang di bawah kepala seekor badak purba. Tulang tersebut kini telah dibersihkan dan dibungkus sebelum didonasikan kepada sebuah museum.

Emilia turut serta bersama ayahnya dalam kelompok pemburu fosil yang melakukan penggalian di daerah kaya fosil di Taman Air Cotswold, dekat Cirencester, Glucestershire, Inggris pada 26 Oktober. Dalam perburuan yang melibatkan 75 orang itu ditemukan sejumlah fosil penting antara lain rusa dari zaman es dan belemnit, sejenis cumi-cumi yang hidup pada Periode Jurassic sekitar 150 juta tahun lalu.

Berambut

Sosok badak purba yang hidup sekitar 50.000 tahun lalu mungkin tak seperti badak modern. Tubuhnya tidak diselubungi kulit yang keras melainkan dipenuhi bulu seperti mammoth yang merupakan saudara tua gajah.

Hal tersebut dapat diketahui dari fosil serupa yang ditemukan tahun 2004 di tempat yang sama. Fosil tersebut ditemukan Dr Neville Hollingworth, seorang paleontolog yang juga memimpin penggalian terakhir bersama Emilia.


0 Responses to “Anak 5 Tahun Temukan Bangkai Badak Purba”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: