12
Nov
08

Ikan Berkaki Katak Temuan Nelayan Bali

ikan1

Seorang nelayan Bali bernama I Komang Mudiarsana menemukan ikan aneh. Ikan ini memiliki empat kaki mirip kaki katak pada tubuh bagian bawahnya. Anehnya lagi, ikan ini juga memiliki semacam tanduk di kepalanya. Komang Mudiarsana menemukan ikan tersebut pada akhir bulan Januari lalu ketika dia tengah mencari ikan di perairan muara sungai Yehembang, Bali.

Saat Komang Mudiarsana mengangkat jaringnya, ikan aneh ini berpegangan lengket menempel pada kaki Komang. Saat diangkat dari air, ikan ini berpegangan pada tangan Komang Mudiarsana. Melihat keanehan ikan tersebut, Komang kemudian membawanya pulang dan memeliharanya di akuarium.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh seperti layaknya ikan pada umumnya, namun pada tubuh bagian bawah terdapat empat kaki. Dua kaki yang berukuran pendek ada di bagian depan, sedangkan dua kaki yang berukuran panjang ada di belakangnya.

Sementara pada bagian bawah kepalanya terdapat duri-duri yang mirip jenggot. Seperti layaknya ikan kebanyakan, pada bagian atas tubuhnya terdapat sirip, namun pada bagian atas kepala terdapat semacam tanduk.

Ikan ini berwarna cokelat pada paruh atas tubuhnya, sedang tubuh bagian bawah berwarna kuning. Menurut nelayan asal Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali ini ikan aneh tersebut berenang seperti gerakan melangkahkan kaki.

Semula Komang bingung memberi makan ikan aneh tersebut. Tapi dia memutuskan berdasarkan feeling saja, memberi udang mentah dan nasi. Eh, esok paginya, makanan itu sudah tak bersisa lagi. Hari-hari berikutnya, udang mentah dan nasi menjadi makanan wajib ikan.

Komang mengaku mendapat firasat aneh sebelum mendapat ikan. Sehari sebelumnya dia mendapatkan mimpi dalam tidurnya. Di dalam mimpi, dia berkelahi dengan seseorang dengan sengit. Persis seperti dalam film-film action, segala macam jurus mereka kerahkan untuk menjatuhkan lawan. Namun, Komang berhasil memenangkan pertempuran tangan kosong tersebut.

Mimpi itu masih terus dipikirkan Komang hingga ia pergi melaut. Siapa sangka, di antara ikan-ikan yang berhasil ditangkap, satu ikan aneh berhasil terjaring olehnya. Sesampainya di rumah, para tetangga berebut ingin melihat keganjilan ikan itu. Bahkan berita itu diekspos berbagai media cetak dan televisi.

Ketika diwawancarai wartawan, Komang mengaku sempat takut memelihara ikan itu. Tetapi, dia tetap bertekad memelihara semampunya. Bagaimana bila ada yang berminat membelinya? Komang cuma senyum-senyum saja. Tidak jelas, antara setuju atau menolak.


0 Responses to “Ikan Berkaki Katak Temuan Nelayan Bali”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: