11
Nov
08

Kapolda: Awasi Kapal ke Bali

DENPASAR – Kapolda Bali, Irjen T Ashikin Husein, memerintahkan jajarannya untuk memperketat pengawasan serta pemeriksaan terhadap setiap kapal dan perahu yang keluar masuk Pulau Dewata itu.

“Awasi kapal yang datang dari daerah lain guna mencegah disusupkannya barang berbahaya ke pulau yang merupakan pusat kunjungan wisatawan mancanegara ini,” kata Kapolda Ashikin, di Denpasar, Minggu (9/11).

Ia menyebutkan bahwa pihaknya sudah memerintahkan jajarannya untuk melakukan pengawasan dan penjagaan yang ketat atas arus lalu lintas kendaraan dan barang di kawasan perairan laut Bali.

Pengawasan cukup ketat itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, terlebih setelah dilakukakannya eksekusi terhadap tiga terpidana mati kasus bom Bali 2002. “Terkait telah dilakukannya eksekusi untuk tiga terpidana mati itu, memang kita tidak boleh lengah. Terlebih, Bali sudah dua kali ’ditikam’ bom,” katanya.

Berkenaan dengan itu, sejumlah pintu masuk Pulau Dewata kini tidak saja “dipagari” puluhan petugas gabungan, tetapi juga diawasi sedikitnya 12 ekor anjing pelacak. Puluhan petugas, baik berseragam maupun yang mengenakan pakaian preman, tampak bersiaga penuh di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk, Padangbai, Benoa serta Celukan Bawang dan Bandara Ngurah Rai, Bali.

Pada sejumlah pintu keluar-masuk tersebut tidak saja disiagakan petugas gabungan seperti unsur Detasemen 88/Antiteror, intel dan reserse, tetapi juga Brimob dan Samapta Polda Bali, dibantu jajaran TNI.

Petugas pada Detasemen 88/Antiteror Polda Bali menyebutkan, aparat yang disiagakan di pintu-pintu masuk tersebut juga dilengkapi perangkat deteksi bahan peledak dan cermin pemantul bawah permukaan.

Dikatakan, dengan adanya upaya penjagaan yang ketat di sejumlah pintu keluar-masuk, kondisi kamtibmas di Bali diharapkan senantiasa berlangsung aman dan nyaman. “Penjagaan perlu diperketat, sebab siapa tahu saat pascaeksekusi mati ada pihak yang ingin membuat kekacauan di Pulau Dewata, di mana daerah ini pernah dua kali diguncang bom kaum teroris,” katanya.

Terkait upaya pengamanan seperti itu, baik orang maupun barang yang masuk dari luar Bali, terlebih dahulu mendapat pemeriksaan yang cukup ketat, terutama di pintu masuk Pelabuhan Gilimanuk dan Padangbai, yang masing-masing menghubungkan Bali dengan Jawa serta Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).


0 Responses to “Kapolda: Awasi Kapal ke Bali”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: