27
Jul
08

Irak dilarang ikut Olimpiade

Komite Olimpiade (IOC) mengumumkan bahwa para atlit Irak dilarang mengikuti Olimpiade Beijing.

Tim Irak sebelumnya sudah terkena larangan sementara setelah pemerintah Irak mengganti anggota-anggota komite Olimpiade negara itu dengan orang-orang yang mereka tunjuk. Menurut piagam IOC, semua anggota komite harus bebas dari pengaruh politik.

Karena itu tim yang terdiri dari dua atlit dayung, dua pelari cepat, seorang atlit panahan, seorang atlit angkat berat dan seorang atlit judo tidak boleh berlaga di Beijing.

“Kami mengirim surat kepada pemerintah Irak hari ini untuk mengatakan berdasarkan keadaan saat ini para atlit Irak tidak dapat bertanding di Olimpiade Beijing,” kata juru bicara IOC, Emmanuelle Moreau.

Hussein al-Amidi, sekretaris jenderal Komite Olimpiade Irak mengatakan: “Pagi ini kami diberitahu keputusan final Komite Olimpiade Internasional untuk melarang keikutsertaan Komite Olimpiade Irak.” “Itu adalah keputusan final, tidak bisa diubah. Ini berarti Irak tidak akan ikut serta pada Olimpiade mendatang.””Hal ini adalah pukulan bagi Irak dan reputasi internasional, atlit dan kaum muda Irak.”

“Saya bersumpah bahwa para atlit yang sudah berlatih… mereka menelepon saya hari ini dan mereka menangis dan sangat sedih.”Komite yang dibubarkan oleh pemerintah Irak dipilih pada tahun 2004, sejalan dengan peraturan IOC.

Ketua Komite Olimpiade Irak Ahmad al-Samarra’i dan beberapa anggota lainnya diculik oleh beberapa pria bersenjata ketika menghadiri pertemuan di Bangdad tengah pada bulan Juli 2006. Sampai sekarang mereka tidak terlihat lagi.

Pemerintah Irak mengatakan keputusan mereka ambil karena komite itu korup dan tidak berfungsi dengan benar.

 

0 Responses to “Irak dilarang ikut Olimpiade”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: